Sabtu, 11 Mei 2013

BATU SAFIR / SAPHIRRE



Safir / Saphirre
(Bahasa Ibrani: ספּיר sapir) adalah bentuk kristal tunggal aluminium oksida (Al2O3), suatu mineral yang dikenal sebagai korundum. Safir dapat ditemukan secara alami sebagai batu permata atau difabrikasi pada boule kristal besar untuk berbagai keperluan, termasuk komponen optik inframerah, permukaan jam, jendela yang kuat, dan wafer untuk deposisi semikonduktor seperti nanorod GaN.

Kelompok korundum termasuk aluminium murni. Sejumlah kecil unsur lain seperti besi, titanium, dan kromium memberikan warna biru, kuning, merah muda, ungu, jingga, atau kehijauan terhadap safir. Safir termasuk semua variasi kualitas mineral korundum kecuali yang memiliki warna merah jenuh penuh, yang dikenal sebagai rubi, sistim kristal Heksagonal dan Kadar kekerasan 9 (skala 10) relevan untuk praktisi bidang keilmuan, perdagangan, wirausaha dan eksekutif karena memiliki energi yang dapat mengembangkan daya pikir, menumbuhkan inspirasi, serta optimisme pada harapan baru.
Beberapa Variasi warna safir adalah: Biru, ungu, (Blue Sapphire) kuning, oranye (Yellow Shappire / Yakult Kuning), hitam (Black Sapphire), bening putih (Shappire Burma). 

Untuk kesehatan safir konon dapat mengurangi depresi dan penyakit-penyakit fisik, menurunkan demam, bagus untuk usus, otak dan saraf. meningkatkan kadar potassium, magnesium, calcium dan melepaskan depresi mental. 
Memacu keinginan untuk belajar ilmu pengetahuan, meningkatkan kebijaksnaan dan memberikan kejelasan pada ide yang dihasilkan. Menciptakan keseimbangan, stabilitas dan keteraturan, meningkatkan kedamaian bathin serta membawa kebahagiaan. Batu ini dipercaya dapat membantu seseorang yang merasa tidak memiliki kesempatan untuk tujuan/akhir yang lebih baik. Raja-raja di jaman dahulu mengenakan Sapphire di sebagai pertahanan yang kuat terhadap bahaya, mendekatkan kepada Tuhan dan menjauhkan sifat sirik. 

Safir membuat banyak orang suka karena adannya mitos batu safir adalah sebagai pembawa asmara.  Sapphire bagi penggemarnya dapat  meningkatkan kebahagiaan serta meningkatkan motivasi dan orientasi tujuan hidup. Untuk kesehatan Sapphire dapat meningkatkan kadar potassium, magnesium, calcium dan melepaskan depresi mental.

Pustaka :
-Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
-Dikutip dari beberapa sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar