Sabtu, 11 Mei 2013

BATU MERAH DELIMA / RUBY



Ruby/merah delima, atau batu rubi adalah batu permata berwarna merah yang dapat bervariasi antara merah muda hingga merah darah dan merupakan salah satu jenis dari mineral korundum (aluminium oksida) dengan formula kimia Al2O3::Cr, dan sistim kristal heksagonal. dengan kadar kekerasan 9 pada skala Mohs.

Warnanya terutama disebabkan oleh kromium. Namanya berasal dari buah delima yang isinya berwarna merah. Rubi alami sangat jarang, tetapi rubi buatan dapat difabrikasi dengan cukup murah. Rubi dianggap merupakan salah satu dari empat batu berharga bersama dengan safir, zamrud, dan intan.  

Batu-permata rubi melambangkan ke perwiraan, kewibawaan, dan rasa percaya-diri yang tinggi. Ini adalah batu yang relevan untuk profesi pejabat pemerintahan militer, dan jabatan lain yang berhubungan kepemimpinan.
Untuk kesehatan ruby konon dapat membantu kesuburan dan gangguan impotensi, meningkatkan regenerasi sel dan sistem kekebalan tubuh terhadap segala macam penyakit. Mengaktifkan kembali chakra jantung apabila mendapat pukulan emosional, bagus untuk fungsi empedu, kelenjar adrenaline, sirkulasi darah.
Ruby memancar kewibawan, menumbuhkan rasa percaya diri dan kebijakan dalam mengambil keputusan, membuat ceria, dan optimis.
 
Rubi dan safir hakekatnya masih keluarga mineral korodium. Mereka terlahir dengan warna merah, baik yang kecoklatan maupun yang keunguan, biasa disebut rubi, sementara semua keluarga korundum yang berwarna lain lazim diberi nama safir.
Ruby (dari bahasa Latin yang berarti Rubrum atau, ‘merah’) dengan warna yang sangat bervariasi dari yang merah jambu sampai ke merah yang sangat pekat. Warna merah ini terdiri atas alumunium yang tercampur dengan chrominium (Cr), akan tetapi kalau tercampur dengan sedikit Titanium (Ti) warnanya berubah menjadi biru dan namanya safir, jika tercampur dengan zat besi warnanya berubah menjadi kuning yaitu safir kuning.

Warna merah batu ruby terjadi karena kristal corundum (Al2O3) terpapar unsur chromium (Ce). Banyak sedikitnya dosis akan mempengaruhi kepekatan warna itu. Over dosis akan membuatnya berwarna kelam dan gelap. Sudah sejak dulu ruby dikenal sebagai batu permata berharga dan nilainya sangat mahal terutama yang berkualitas di atas rata-rata.

Tambang ruby didunia antara lain adalah dari Birma,  selain ruby Birma, dikenal pula ruby madagaskar, dan ruby Afrika. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa harga pasaran untuk Ruby agak mahal, apalagi Ruby yang memiliki star.

Ruby dikatakan konon dapat membuka hati seseorang terhadap rasa simpati, mengatasi rasa takut menjadi jelek dan tidak dicintai serta menghilangkan rasa kekurang beruntungan. Menurut legenda zaman dahulu, Ruby lambang untuk merujukkan/mendamaikan sepasang kekasih dengan memberi hadiah ruby kepada pasangannya.

Pustaka :
-Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
-Dikutip dari beberapa sumber



Tidak ada komentar:

Posting Komentar