Sabtu, 11 Mei 2013

BATU JAMRUD / EMERALD




Zamrud (Be3Al2SiO6) adalah batu permata atau batu mulia yang berwarna hijau sampai hijau tua. Zamrud termasuk mineral silikat beril (mengandung beryllium) dan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium. Adanya vanadium dan besi yang menyertai kelumit kromium akan menyebabkan ragam zona pada warna hijau tersebut. Kekerasan zamrud termasuk tinggi (7,5 dalam skala Mohr).
 
Penghasil zamrud kualitas tinggi adalah Kolombia, Siberia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Australia, dan Brasil.
Banyak batu-permata berwarna hijau, tetapi hijau zamrud yang dianggap paling mempesona dengan batu yang menciptakan kesan suasana sejuk, nyaman serta menimbulkan kesegaran rohani dan jasmani.
Untuk kesehatan biasanya digunakan untuk penyembuhan fisik dan emosional serta penyakit saraf dan mental, menguatkan memori/mempercepat daya pikir & kreativitas. Orang yang pelupa cocok untuk mengenakannya karena Zamrud dapat menstimulasi visi dan pemahaman yang jelas. Warnanya yang hijau merupakan penyembuh luar biasa bagi penyakit mata serta mencegah keracunan, mencegah serangan epilepsy dan bila diletakkan di mulut dapat menurunkan gejala desentri. Juga untuk penyembuhan liver, masalah di bagian kepala, mengatasi kencing manis dan penawar sengatan/gigitan binatang berbisa.
Selain itu emerald digunakan untuk penyembuhan physikis dan emosional. Di Persia dan sekitarnya dikatakan bahwa “Siapa yang bertawakkal kepada tuhannya akan menikmati perlindungan khusus dari Tuhan”. Menurut legenda, Emerald berfungsi menguatkan memori dari pemiliknya, mempercepat daya pikir maupun kreativitas.


Pustaka :
-Dikutip dari beberapa sumber
-Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar